Pengertian dan Pentingnya Model Pembelajaran

Pembelajaran adalah pola-pola kegiatan tertentu dalam  pembelajaran yang merupakan kombinasi yang tersusun dari bagian atau komponen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri dari unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosoduryng saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Model pembelajaran diperlukan untuk menyusun teori atau hipotesis pembelajaran. Model berguna sebagai alat komunikasi bagi para ahli pengembangan model pembelajaran bergun sebagai petunjuk dalam mrencanakan aktivitas dan pengelolaan pembelajaran, serta model pembelajaran merupakan alat pengambil keputusan.

pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar terdiri dari: 1) Model interaksi sosial (social untruction modeles); 2) Model proses informasi (information processing models); 3) Model personal (humanistic personal models) dan 4)Model modifikasi tingkah laku (behaviormodification models).

Di antara model yang dikembangkan adalah model yang didasarkan pada teori belajar dan model-model pembelajaran alternatif lainnya yang dikembangkan dalam kerangka pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang kemudian disempurnakan menjadi kurikulum yang disempurnakan dan oprasionalisasikan menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

 

Referensi

Drs. Darwyan Syah, M.Pd. M. SI, dkk. 2009, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diadit Media.

This entry was posted in Pembelajaran. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s