Pembelajaran adalah pola-pola kegiatan tertentu dalam pembelajaran yang merupakan kombinasi yang tersusun dari bagian atau komponen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri dari unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosoduryng saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran diperlukan untuk menyusun teori atau hipotesis pembelajaran. Model berguna sebagai alat komunikasi bagi para ahli pengembangan model pembelajaran bergun sebagai petunjuk dalam mrencanakan aktivitas dan pengelolaan pembelajaran, serta model pembelajaran merupakan alat pengambil keputusan.
pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar terdiri dari: 1) Model interaksi sosial (social untruction modeles); 2) Model proses informasi (information processing models); 3) Model personal (humanistic personal models) dan 4)Model modifikasi tingkah laku (behaviormodification models).
Di antara model yang dikembangkan adalah model yang didasarkan pada teori belajar dan model-model pembelajaran alternatif lainnya yang dikembangkan dalam kerangka pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang kemudian disempurnakan menjadi kurikulum yang disempurnakan dan oprasionalisasikan menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Referensi
Drs. Darwyan Syah, M.Pd. M. SI, dkk. 2009, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diadit Media.